Sunday, February 21, 2016

Perencanaan Area Atap


Gambar menunjukan rencana area atap. Pada dasarnya area ini bukan hanya untuk area atap saja, tapi juga adalah bagian dari rencana jangka panjang pembangunan lantai 3. Dari gambar, area akan dibagi atas dua bagian utama :

  1. Area yang di atapi (ditunjukan pada gambar dengan tanda silang biru
  2. Open space (ditunjukan pada gambar dengan area plat)


Seperti halnya pada perencanaan lantai 2, pada lantai ini juga harus memperhatikan titik penopang yang paling kuat menopang beban - dalam hal ini area yang dikelilingi kolom yang terhubung ke bagian cakar ayam tepat untuk lokasi area beton.

Beberapa hal untuk diperhatikan lebih seksama :

-          Kolom pada area open space dibuat lebih tinggi, sekitar 3,75 meter. Dengan asumsi tinggi untuk kolom pengatapan pada ketinggian 3,25 meter, maka bagian atas pada area yang diatapi tidak akan menghalangi  view kesegala arah saat berada dilantai 3

-          Masalah pada area atap adalah kemungkinan bahwa air merembes masuk. Salah satu solusinya bisa dengan membuat model atap pare (ini istilah yang saya dengar kawan saya yang berprofesi sebagai tukang). Untuk mempercantik tampilan, maka atap dibuat tidak kelihatan dari luar dengan menempatkaan pada sekeliling tembok. Solusi lainnya bisa dengan membuat saluran air tepat pada area ujung atap.

Ini adalah perencanaan.. semoga pintu rejeki terbuka, jadinya bisa segera direlisasikan. Mengantisipasi kekurangan modal, beberapa bagian sebenarnya bisa dikerjakan sendiri. Bisa perlahan-lahan disiapkan sampai terkumpul dana untuk pembangunan. Misalnya penyiapan kolom besi. Jadi budgetnya bisa dihemat, tidak lagi terlalu terbebani dengan biaya jasa tukang. NANTI BAGUSNYA LANTAI TIGA DIBUAT UNIK., DINDING PAPAN KLASIK

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner