Saturday, December 19, 2015

PILIHAN KONSENTRASI STUDI MM UNHAS


Pilihan konsentrasi pada program magister manajemen UNHAS angkatan 2014 terdiri atas :
MM UNHAS
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen sumberdaya manusia
  • Manajemen pemasara
  • Manajemen strategi
Tentu saja pilihannya terserah masing-masing minat peserta. Gak ada paksa memaksa. Pilihan ini menjadikan peserta yang telah bersama sama satu kelas pada semester satu dan dua berpisah kelas sesuai dengan konsentrasi yang diminati. Pendalaman atau penjurusan ini berlangsung pada semester tiga. Sebenarnya Pada saat pendaftaran awal, yang biasanya dimulai pada  januari , Calon peserta telah ditanyai rencana konsentrasi yang akan didalami (LIHAT GAMBAR PADA HALAMAN TERAKHIR)Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru  Tahun Akademik 2016/2017 Tahun 2016 Tanggal Pendaftaran 02 Januari 2016 s/d 31 Maret 2016 (http://pasca.unhas.ac.id/camaba/). Pada 2014, proses pendaftaran telah dimulai pada periode April dan pengumuman dilakukan pada periode juni 2014.
Saya sendiri memilih...
konsentrasi manajemen strategi. Apa alasannya? Pertama ya.. suka-suka
saya (3S)- hahaha.. just joking. Alasannya adalah karena e karena.. saya tidak paham mengenai bidang ini.  Bisa dikatakan untuk konsentrasi lain saya bisa dikit-dikit pahamlah. Maklum , bidang keuangan, sumberdaya manusia, dan pemasaran adalah dunia yang telah lazim ditemui dalam perusahaan. Interaksi dengan departemen ini sudah sering dalam kehidupan diperusahaan.
Dalam pemahaman sederhana saya, kegiatan pada masing – masing konsentrasi diatas yakni :
orang – orang keuangan akan berurusan dengan duit perusahaan - mengatur agar kegiatan perusahaan tidak terbengkalai dengan jalan mengalokasikan dana operasional, misalnya pembayaran gaji dan jamsostek, pembayaran untuk pembelian tunai maupun hutang  peralatan, mesin, spare part, asset dan lainnya, pinjaman dari investor. Untuk itu harus dipikirkan sebuah sumber pendanaan yang sehat. Bisa saja sumbernya adalah menunda pembayaran satu kegiatan untuk selanjutnya dialokasikan kepada kegiatan lainnya. Pilihan tindakan ini bisa jadi jebakan. Penundaan satu kegiatan malahan bisa saja akan merepotkan orang-orang keuangan itu sendiri karena penundaan itu mungkin berarti menghambat masuknya uang dalam jumlah besar.  
Lalu Marketing, akan berurusan dengan bagaimana produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan bisa dikenal melalui aktivitas pemasarannya, misalnya iklan, kinerja aktivitas sales. Outputnya, produk akan mau dibeli oleh pelanggan. Makin banyak jumlah pembeli tentu makin bagus. Fakta ini dengan sendirinya menghadirkan tantangan karena menciptakan transaksi dalam jumlah besar bukan pekerjaan mudah. Terlebih ada perusahaan lain yang juga menawarkan produk dengan fungsi dasar yang sama. Berpacu dengan pesaing untuk merebut hati pelanggan bukan perkara mudah.
DATA MAHAISAWA
PILIHAN KONSENTRASI
Sumberdaya manusia, mengatur orang-orang (karyawan) perusahaan. Manajemen mendelagasikan kepercayaan kepada HRD untuk mengurus hidup orang-orang yang setiap pagi datang kekantor dan pulang sore saat jam pulang tiba. Urusan itu bisa meliputi penentuan apakah seorang karyawan bisa naik kelas (golongan) atau tidak, dikenai sanksi atau tidak. Kebijakan departemen ini yang akan menjadi pedoman organisasi. Interaksi organisasional intra-depertemen merujuk kepadanya.
Lalu bagaimana dengan manajemen strategi ? itu dia yang mau ditau lebih dalam. Apakah aktivitas strategi tidak berkaitan dengan aktivitas keuangan, marketing, sumberdaya manusia? Apakah ia berdiri sendiri?  
Selamat membaca.. Please tinggalkan pesan...

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner