Tuesday, December 22, 2015

Bagian 2 : strategi, manajemen, manajemen strategy


Untuk memahami dengan baik manajemen strategi, saya pikir harus terlebih dahulu dengan mengerti makana dari kedua kata penyusunnya- Manajamen & Strategi-. Pijakan manajemen strategi tentunya dari kedua dimensi ini. Rasa-rasanya ini menjadikan lingkup manajemen strategi menjadi sangat luas.


Strategi

Kata ini tidak asing.. kita tentu pernah mendengarnya dan bahkan mengucapkannya. Ungkapan seperti berikut ini telah lazim kita pakai dan dengar:


Kata strategi sepertinya berlaku dalam semua segi kehidupan – dalam...
bisnis, dalam olah raga, dalam aktivitas individu, dalam aktivitas kelompok, dalam perang.  Dalam konteks studi magister manajemen, bidang kajian akan dibatasi dalam urusan bisnis atau organisasi.

What is strategy? Ini pertanyaa pertama yang harus dijawab sebelum masuk pada manajemen dan lalu pada manajemen strategi.  Strategi adalah istilah yang berasal dari Yunani “ strategia” yang berarti “ generalship”.

Beberapa definisi antara lain sebagai berikut :

Kamus besar bahasa Indonesia online ((http://kbbi.web.id/strategi

strategi/stra·te·gi/ /stratégi/ n 1 ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa(-bangsa) untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai; 2 ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yang menguntungkan: sebagai komandan ia memang menguasai betul -- seorang perwira di medan perang; 3 rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus; 4 tempat yang baik menurut siasat perang;



Merujuk pada definisi ini, hubungan  strategi dan konteks bisnis dapat dibagi atas tiga fase :

fase perencanaan : perencanaan secara cermat kegiatan untuk menghadapi pesaing (musuh ) dan sumberdaya internal (dalam keadaan damai)

fase implementase : memimpin penggunaan sumberdaya untuk mendukung pelaksanaan kegiatan yang yang telah direncanakan

fase akhir : memenangkan persaingan (mengalahkan musuh)

Lalu bagaimana literature manajemen strategi memandang konsep strategi?

J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen : strategi sebagai rumusan perencanaan komprehensif tentang bagaimana perusahaan akan mencapai misi dan tujuannya.

John A Pearce II & Richard B. Robinson  : Strategi mencerminkan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana, kapan dan dimana ia harus bersaing, melawan siapa dan untuk maksud apa.

Smith, Arnold dan Bezzle yang dikutip oleh Mohammad Ahsan Ullah & Anjuman Ara.k dalam jurnal strategic management Model : An Evaluation “ strategy is the overall game plan or map to help lead or direct the organization toward the desired objective. This overall game plan forms the basis for policies and procedure, which are more specific statement outlining what the firm will do in certain situation”

Strategy adalah peta atau keseluruhan rencana permainan yang membantu dalam mengarahkan organisasi mencapai tujuannya….

Henry Mintzberg, dalam bukunya pada tahun 1994, The Rise and Fall of Strategic Planning [3], menunjukan bahwa orang menggunakan strategi dalam beberapa cara yang berbeda  (http://www.nickols.us/strategy_definition.htm )

1.      Strategy  adalah sebuah rencana , sarana untuk mulai berjalan dari titik awal ke titik yang dituju

2.      Strategy adalah suatu pola tindakan yang terus menerus

3.      Strategy adalah posisi : mencerminkan keputusan untuk memilih posisi tertentu (dalam segmen pasar)

4.      Strategy adalah perspektif, visi dan arah

Dari perspektif Militer, strategi seringkali merujuk pada tindakan mengarahkan pasukan pada posisinya dimedan perang sebelum musuh gunakan. Saat pasukan telah ada pada posisinya, selanjutnya taktik diterapkan. Dalam bisnis, sebagaimana juga dalam militer, strategi menjembatani gap antara kebijakan dan taktik. Strategi dan taktik bersama-sama menjembatani gap antara tujuan dan sarana.

Alasan badan usaha membutuhkan strategi bisnis sama banyaknya dengan alasan  tentara membutuhkan strategi militer, yakni:

  • Memberikan arah dan tujuan,
  • Mempergunakan sumberdaya dalam cara yang paling efektif, dan
  • Mengkordinasikan keputusan yang dibuat oleh individu yang berbeda.

Sun Tzu , seni perang kalisik dipandang sebagai treatise awal strategi.

Kesimpulan

Sejuah review literatus diatas, bisa ditarik beberapa poin


Strategi adalah rencana permainan (game plan) yang berfungsi sebagai peta petunjuk dalam bertindak. Sebagai peta petunjuk organisasi tidak akan bergerak dalam sembarang arah. Dengan konsep game plan organisasi (perusahaan) akan memkasimalkan keunggulan kompetitif dengan membagi alokasi sumberdaya sesuai dengan permaian yang dihadapi. Kalau persaingan lagi sengit atau medan pertempuran tengah sengit maka akan dialokasikan sumberdaya yang lebih besar.

STRATEGI HARUS DIWUJUDKAN DALAM TINDAKAN NYATA KARENA IA MASIH BERSIFAT UMUM.. JADI HARUS DITERJEMAHKAN DALAM TATARAN OPERASIONAL AGAR DAPAT DILAKSANAKAN. INI BISA DIALUKAN MELALUI PENDEKATAN MODEL MANAJEMEN STRATEGI YAN DIUSULKAN OLEH PAKAR STRATEGI BISNIS
Referensi :

http://www.nickols.us/strategy_definition.htm 
... referensi kumpulan artikel ,, Distance consulting..

No comments:

Post a Comment

Please leave acomment.
I`ll Reply it soon

Please leave comment. I`ll Reply it soon

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner